73 Tempat Wisata Kuliner Di Malang Yang Enak Dan Murah

UrusanWisata – Inilah daftar tempat wisata kuliner enak dan murah di Malang yang recommended . Dari mulai tempat makan dan restoran e...


UrusanWisata – Inilah daftar tempat wisata kuliner enak dan murah di Malang yang recommended. Dari mulai tempat makan dan restoran enak yang menyajikan makanan khas Malang, sampai menu masakan nusantara dan western, ada semua disini.
Untuk info kuliner Malang kali ini, tak ketinggalan saya masukkan juga aneka jajanan pasar tradisional serta kuliner pak Bondan Winarno. Bahkan ada juga tempat kuliner baru di Malang yang lagi hits. Daftar harga, jam buka, dan alamat/lokasi juga berusaha saya cantumkan. Lengkap deh pokoknya!
Selain terkenal akan berbagai objek wisatanya yang bagus dan menarik, Kota Malang dan sekitarnya seperti Batu juga mempunyai sajian makanan enak yang menggugah selera. Nah, pada kesempatan kali ini Aneka Wisata telah menyiapkan rekomendasi kuliner enak dan murah di Malang yang dapat dijadikan referensi tempat wisata di Malang terbaru.
Oya, untuk melengkapi peta kuliner Malang yang Anda punya, saya sengaja menambahkan beberapa rumah makan baru yang unik dan keren dengan harga relatif mahal. Hal ini tidak lain untuk membantu Anda dalam menemukan tempat makan terbaik sesuai budget Anda. Yuk, langsung saja simak daftar listnya.
1. Bakso President (sejak 1977)
Bakso-President-Malang
Bakso President (Foto : youngnesia.com)
Salah satu makanan khas Malang yang paling terkenal adalah bakso. Hampir di berbagai kota yang pernah saya singgahi selalu bisa ditemukan penjual bakso Malang. Tentu saja akan lebih nikmat jika menyantap bakso di kota asalnya bukan?
Berawal dari sang perintis, Abah Sugito yang mengawali usahanya sebagai penjual bakso pikul keliling, kini Bakso President menjadi salah satu tujuan wisata kuliner yang populer di Malang. Disebut Bakso President karena lokasinya berada di belakang Bioskop President yang sekarang sudah beralih fungsi menjadi pusat perbelanjaan.
Letaknya yang bersebelahan dengan rel kereta api membuat sensasi makan di tempat ini semakin seru. Harganya sendiri masih terbilang terjangkau, mulai dari Rp10.000 untuk bakso saja hingga Rp20.000 untuk campur spesial. Murah meriah bukan?
Di tempat ini juga Anda bisa membeli oleh-oleh khas Malang yang berupa keripik bakso yang garing dan enak. Alamat dan lokasi Bakso President terletak di Jl. Batanghari No. 5, Malang, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 08.00 – 21.30 WIB.
2. Warung Bu Haji AREMA
Warung Bu Haji Arema
Warung Bu Haji Arema (Foto : kuliner.panduanwisata.id)
Anda sedang mencari kuliner unik di Malang? Kalau iya, coba deh kunjungi Warung Bu Haji Arema yang terletak Jalan Kauman (belakang gramedia) tak jauh dari alun-alun Malang. Warung ini berdiri sejak tahun 1980-an dan memiliki berbagai macam masakan sapi. Keunikan warung ini terletak pada nama menu yang menggunakan bahasa walikan.
Contoh menu unik disini yaitu Oges adalah bahasa gaul untuk sego, yang berarti nasi. Indosiar yang berarti ikan laut. imut – imut yaitu cumi – cumi. Ada lagi menu spesial yaitu sapi menek pring (sapi naik pohon bambu) yang artinya sate sapi. Ada juga Penghijauan yang artinya urap urap.
Selain menu makanan yang menjadi walikan, menu minuman juga menjadi walikan didalam warung ini. Het yang berarti teh, kujek yaitu jeruk, het sanap yang berarti teh panas, ipok yang berarti kopi ataupun minuman dengan nama buah-buahan, itu adalah juice.
Makanan disini umumnya lebih terasa cita rasa manisnya dibanding asin. Pedasnya juga tak terlalu menyengat alias cocok buat yang tak suka pedas. Harganya yang murah dan rasanya yang enak membuat tempat makan di Malang ini masuk dalam rekomendasi kuliner Pak Bondan Winarno. Jam buka mulai pukul 07.00 – 21.00 WIB.
3. Toko Oen (sejak 1930)
Toko-Oen-Malang
Toko Oen (Foto : travelblog.ticktab.com)
Nah, kalau kuliner favorit Malang yang satu ini tentu hampir semua wisatawan mengenalnya, apalagi dengan citarasa es krimnya yang enak dan maknyus. Toko Oen terletak di Jl. Jenderal Basuki Rahmat No.5, Kauman, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur (dekat alun-alun kota Malang). Jam buka mulai pukul 08.00 – 21.30. Range harga sekitar Rp 20.000 s/d 50.000.
Menu andalan yang populer di Toko Oen adalah varian es krim home-made-nya, seperti halnya Ragusa di Jakarta. Rasa seperti Tutti Fruity Cassata yang terbuat dari buah-buahan, Sparkling Delight atau es krim buah yang disajikan dengan kembang api menyala hingga Morkus dengan citarasa kopi, semua begitu menggoda untuk dicicipi.
Rasa es krimnya yang lezat dan lembut di lidah membuatnya masuk dalam daftar es krim paling enak di Indonesia yang legendaris. Bukan hanya es krim, di Toko Oen Anda juga wajib mencoba menu bistik lidah yang sudah melegenda. Pas banget buat sobat traveler yang hoby posting makanan di instagram atau facebook.
4. Depot HTS / Han Tjwan Sing (Tahun 1927 – Sekarang)
Depot-HTS-Malang
Depot HTS (Foto : foodspotting.com)
Kalau Anda ingin sesekali menikmati jajanan khas Malang yang enak dan murah meriah, maka langsung saja meluncur ke Depot HTS atau Han Tjwan Sing yang terletak di Jl. DR. Wahidin No.123, Kalirejo, Lawang, Malang, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 07.00 – 21.00 WIB.
Depot yang telah berdiri sejak 1927 ini merupakan tempat persinggahan favorit bagi pelancong yang melakukan perjalanan keluar kota Malang, ke arah utara, misalnya ke Surabaya. Makanan yang menjadi primadona di HTS adalah onde-onde HTS dan rawon merah.
Kue onde-onde bikinan Depot HTS teksturnya bulat cantik dan kenyal tidak keras. Jajanan bertabur wijen ini digoreng sempurna warnanya kekuningan. Ada banyak pilihan isi selain kacang hijau, sebut saja isi kelapa dan kacang merah.
Terdapat juga onde-onde yang terbuat dari ketan hitam dengan kenikmatan yang tak kalah jempolan. Rawon merahnya juga tak kalah maknyus dan top markotop. Tak heran jika HTS masuk dalam list kuliner Pak Bondan Winarno di salah satu stasiun televisi.
5. Warung Lama Haji Ridwan (sejak 1925)
Warung-Lama-Haji-Ridwan
Warung Lama Haji Ridwan (Foto : halomalang.com)
Kuliner malang murah dan enak selanjutnya adalah Warung Lama Haji Ridwan. Sebelum Indonesia merdeka, tempat ini sudah dikenal masyarakat berkat citarasanya yang lezat dan khas. Di sini, Anda bisa mencicipi aneka menu masakan Jawa kuno yang sudah dihadirkan sejak dulu dan masih memiliki rasa khas yang sama.
Beberapa menu yang bisa Anda coba disini antara lain: daging dan ayam panggang bumbu rujak, krengsengan, sate komoh, sate usus sapi maupun nasi rawon. Warung Lama H. Ridwan sendiri berlokasi di Jl. KH. Zaenal Arifin No. 45B, Malang (kios Pasar Besar Malang).
Harga sate disini satu tusuknya hanya 5 ribu rupiah. Sedangkan untuk nasi gule sapi dan nasi campur sekitar 9 ribu rupiah hingga 11 ribu rupiah. Lumayan murah kan? Jam buka mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB.
6. Soto Daging Rahayu (sejak 1928)
Soto-Daging-Rahayu
Soto Daging Rahayu (Foto : khanzaozalea95.blogspot.com)
Bagi Anda penggemar soto, jangan sampai melewatkan soto paling enak di Malang yang satu ini, yaitu Soto Daging Rahayu. Lokasi atau alamatnya tidak jauh dari lokasi Warung Lama H. Ridwan, tepatnya di Jl. Danau Maninjau, Kedungkandang, Malang (dalam pasar besar, tepatnya di seberang toko pecah belah “Santosa”).
Pemilik warung soto ini adalah Hj. Puji Astutik atau lebih dikenal dengan Tutik. Untuk range harga sekitar Rp.10.000,- s/d Rp. 20.000,-. Jam buka mulai pukul 08.00 – 18.00 WIB.
Meskipun warungnya terlihat sederhana, tapi pamor kuliner Malang murah ini tidak kalah dari Warung Lama H. Ridwan yang legendaris. Soto daging Tutik memang memiliki citarasa yang khas. Sebagai penyedap, Tutik menggunakan koya dari kelapa dan bukannya dari kerupuk layaknya soto daging pada umumnya.
7. Rumah Makan Cairo (sejak 1952)
tempat-wisata-kuliner-di-malang
Tempat Wisata Kuliner Di Malang Rumah Makan Cairo (Foto : anekatempatwisata.com)
Dari namanya saja sudah jelas kalau tempat kuliner Malang ini menyajikan menu khas Timur Tengah. Berada di Jl. Kapten Tendean 1 Malang, rumah makan ini populer berkat menu sate kambingnya. Tidak heran, banyak pelancong dari berbagai kota yang menyempatkan diri datang ke Rumah Makan Cairo.
Sejak awal berdirinya, rumah makan ini menjadikan daging kambing sebagai bahan utama dari setiap menu yang disajikan. Irisan dagingnya pun lumayan besar lho. Wah, makin tergoda deh datang ke sana! Rumah Makan Cairo cocok dijadikan sebagai tempat makan siang yang enak di Malang.
Olahan daging kambingnya banyak disukai karena memiliki tekstur yang lembut, rasanya gurih, dan tidak bau apek. Oya, disini Anda juga bisa memesan susu kambing etawa yang konon katanya baik untuk kesehatan. Range harga makanan dan minuman disini sekitar Rp. 4.000,- s/d Rp. 40.000,-. Jam buka mulai pukul 08.00 – 22.00 WIB.
8. Depot Rawon Nguling
Depot-Rawon-Nguling
Depot Rawon Nguling (Foto : wisatajiwa.files.wordpress.com)
Rawon merupakan sup daging sapi dengan kuah yang berwarna hitam karena menggunakan kluwek dengan citarasa yang khas Indonesia karena menggunakan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, serai, kunir, lombok, garam, dan minyak nabati.
Salah satu tempat wisata kuliner di Malang yang terkenal enak akan rawonnya adalah Depot Nguling. Rawon di Depot Nguling ini memiliki karakteristik kuah yang tidak terlalu pekat dan tidak berlemak, dengan potongan-potongan daging yang besar dan empuk.
Depot Rawon Nguling di Malang terletak di Jl. Zainal Arifin No. 62, Malang. Satu porsi rawon biasa di banderol dengan harga sekitar Rp. 14.000,-, sedangkan rawon dhengkul sekitar Rp. 35.000,-. Harga bisa berubah sewaktu-waktu lho ya! Jam buka mulai pukul 07.00 – 15.30 WIB.
9. Rawon Brintik (sejak 1942)
Rawon-Brintik
Rawon Brintik (Foto : pegipegi.com)
Satu lagi kuliner nasi rawon paling enak di Malang yang wajib dikunjungi Rawon Brintik. Nama Rawon Brintik diambil dari istri sang perintis yang konon kabarnya memiliki rambut keriting (brintik). Terletak di Jl. K.H, Ahmad Dahlan 39 Malang, daging rawon di sini terasa sangat empuk di mulut.
Penyajian hidangannya juga khas layaknya rawon di kota Malang, di mana rawon dan nasi dicampur dalam satu piring. Mau lebih nikmat? Tambahkan sambal dan kerupuk udang atau kerupuk belinjo yang sudah tersedia di masing-masing meja. Harga satu porsi sekitar Rp. 20.000,-. Jam bukanya mulai pukul 08.00 – 12.00 WIB.
Baca Juga : 35 Tempat Wisata Di Semarang Yang Bagus Dan Terkenal
10. Soto Dan Bakso Geprak Mbah Djo (Tahun 1935 – Sekarang)
Soto & Bakso Geprak Mbah Djo
Soto & Bakso Geprak Mbah Djo (Foto : foodgrapher.com)
Soto dan Bakso Geprak Mbah Djo adalah salah satu tempat kuliner murah and mantab di Malang. Rasa serta kualitas masakan benar-benar lain dibandingkan dengan soto pada umumnya karena menggunakan cara pengolahan serta resep rahasia sejak tahun 1935. Tak hanya soto, Anda juga dapat menemukan menu lain seperti bakso, ayam, dan bebek goreng disini.
Soto Geprak Mbah Djo merupakan suatu produk olahan daging yang diperkenalkan pertama kali di kota Malang oleh seorang mbah Djo muda pada tahun 1935. Dan rahasia itu baru terungkap oleh anak cucu cicit beliau lewat tulisan tangan resep rahasia beliau.
Proses pengolahan dilakukan dengan cara menumbuk/menggeprak daging hingga halus sehingga serat daging terpisah dengan sendirinya tanpa harus ada proses pemotongan serat seperti yang terjadi pada produk sato atau bakso pada umumnya.
Untuk menjamin dari segi kebersihan, kesehatan, dan efektifitasnya, maka untuk saat ini sudah menggunakan mesin modern penumbuk daging dengan prinsip kerja yang sama dengan proses tradisional guna untuk mempertahankan cita rasa yang ada.
Lokasi dan alamat Soto Dan Bakso Geprak Mbah Djo terletak di Jl Letjend S. Parman 77-79, Malang. Tapi kalau di Google Map tertulis Jl. MT Haryono No.37,Malang,Jawa Timur. Jam buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 18.00 WIB. Range harga sekitar Rp. 7.000,- s/d Rp. 20.000,-.
11. Pecel Kawi (sejak 1975)
Ilustrasi-Pecel
Ilustrasi Nasi Pecel (Foto : radiocampus66.me)
Pecel Kawi adalah salah satu kuliner khas Malang yang legendaris dan murah meriah selain Toko Oen. Berlokasi di Jalan Kawi Atas No. 43B/46, kualitas rasa khas Pecel Kawi sudah diwariskan secara turun-temurun. Bumbu pecelnya terasa sangat gurih dan dijamin membuat Anda ketagihan.
Kalau Anda sedang mencari dimana sarapan enak di Malang? Maka datang saja langsung ke Pecel Kawi yang buka setiap hari mulai pukul 05.30 – 21.00 WIB. Harga satu porsi pecel cukup nyaman di kantong yaitu sekitar Rp.8.000,-.
12. Putu Lanang Celaket (Tahun 1935 – Sekarang)
Putu-Lanang-Celaket
Putu Lanang Celaket (Foto : halomalang.com)
Selain onde-onde HTS, ada satu lagi kuliner jajanan enak khas Malang yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Namanya Putu Lanang Celaket. Di tempat ini, Anda dapat memilih aneka macam jajanan seperti putu, cenil, lupis, dan sejenisnya. Harganya tentu saja murah meriah banget, sekitar Rp.1000,- per biji putu.
Putu Lanang Celaket terletak di ujung sebuah gang, Jalan Jaksa Agung Suprapto, yang merupakan jalan utama di Malang. Usaha yang dirintis sejak 1935 di kawasan Celaket ini banyak diburu pecinta jajanan tradisional Jawa di kota Malang. Jam buka mulai sore hari pukul 17.30 – 22.00 WIB.
Buat Anda yang kangen dengan jajanan klasik di masa kecil bisa langsung menuju ke Warung Puthu Lanang. Per porsi puthu, klepon, cenil, dan lopis disajikan di atas daun pisang yang diguyur air gula merah kental dan ditaburi parutan kelapa. Jajanan ini bisa dicampur komplit atau terpisah.
13. Tahu Lontong Lonceng (Tahun 1935 – Sekarang)
Tahu-Lontong-Lonceng
Tahu Lontong Lonceng (Foto : jalansanasini.com)
Depot Tahu Lontong Lonceng termasuk salah satu wisata kuliner Malang murah yang enak. Tempat makan ini terletak di Jalan Laksamana Martadinata no.66. Siapa sangka Depot Tahu Lontong ini sudah ada sejak sebelum jaman kemerdekaan yakni tahun 1935 dan tetap bisa survive sampai sekarang dengan cita rasa yang tidak pernah berubah.
Cara penyajian tahu telur Lonceng cukup unik. Sambal petis di dasar piring lalu diberi irisan lontong dan paling atas ditaburi tahu telur. Rasa makanan ini terbukti telah membuat banyak pelanggan merasa ketagihan sehingga tak mengherankan jika Depot milik Bpk. Abdulrohim ini tak pernah sepi pembeli.
Meski tempat yang tersedia termasuk sempit, tetapi karena cepatnya pelayanan, maka kita tidak perlu antri terlalu lama jika ingin makan di tempat. Satu porsi dibanderol dengan harga sekitar Rp. 8.000,-. Jam buka mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB, kecuali hari minggu buka pukul 16.00 – 22.00 WIB.
14. Angsle & Ronde Titoni (Tahun 1948 – Sekarang)
Angsle-Ronde-Titoni
Angsle Ronde Titoni adalah salah satu tempat makan enak di Malang untuk buka puasa (Foto : closetdomesticbunny.blogspot.com)
Awalnya pada 1948 usaha kuliner murah di Malang yang berupa angsle dan ronde ini berjualan di depan toko jam Titoni di dekat Pasar Besar Malang. Kemudian lambat laun berkembang hingga pelanggan banyak yang mengenal dengan nama Depot Ronde Titoni.
Untuk urusan angsle, Titoni memang bisa diandalkan, maklum saja di kota Malang warung yang menjual ronde atau angsle yang nikmat hanya bisa dihitung jari. Wedang angsle atau ronde disini pas banget dikonsumsi saat malam hari atau suasana dingin sebagai minuman penghangat.
Seporsi angsle terdiri dari kacang hijau yang empuk, irisan roti tawar yang dipotong kotak-kotak, agar-agar mutiara, pethulo, yang kemudian diguyur dengan kuah santan berasa gurih manis.
Anda bisa menemuinya sekarang di Jalan Zainul Arifin, tidak jauh dari alun-alun Kota Malang. Jam buka mulai pukul 17.00 – 23.30 WIB. Harganya sekitar Rp. 5.000,- per mangkok. Murah meriah banget bukan?
15. Soto Daging Pak Markeso (Tahun 1950 – Sekarang)
Soto-Daging-Pak-Markeso
Soto Daging Pak Markeso (Foto : ripribro.blogspot.com)
Tempat makan kuliner di Malang selanjutnya adalah Soto Daging Pak Markeso. Nama sotonya diambil dari nama penjualnya, Pak Markeso. Bapak yang usianya sudah sepuh ini sudah berjualan soto daging khas Madura sejak tahun 50-an.
Ada bumbu khas Madura yang digunakan sebagai tambahan bumbu dasar. Inilah yang membuat kuliner Malang yang satu ini rasanya lezat dan nendang di lidah. Soto Pagi Duro Pak Markeso ini berlokasi di Jalan Sindoro, Malang atau daerah jalan Ijen.
Pak Markeso jualan soto daging madura, dengan menggunakan gerobak yang khas soto madura, mangkal di pinggir jalan Sindoro di bawah pohon, buka mulai pagi hingga siang/sampai habis. Harga satu porsi sotonya cukup murah sekitar Rp. 10.000,-.
16. Depot Soto Lombok (Tahun 1955 – Sekarang)
Soto-Ayam-Lombok
Soto Ayam Lombok (Foto : khanzaozalea95.blogspot.com)
Sejak didirikan pada 1955, Depot Soto Lombok sudah banyak dikenal masyarakat dengan cita rasanya yang khas. Soto Lombok nampak berwarna keruh kecoklatan, agak kental. Penyajiannya sendiri terdiri atas nasi dengan potongan kentang rebus, telur bebek rebus, mie su’un, irisan kubis segar, taoge, potongan daging ayam kemudian ditaburi koyah.
Sajian soto lombok ini akan terasa lebih nikmat jika dinikmati bersama kerupuk rambak yang terbuat dari kulit sapi dan dicampur sedikit kecap manis. Tempat wisata kuliner murah di Malang yang satu ini telah melekat pada penanda kekhasan Kota Malang tersendiri. Sebab tak hanya bakso dan cwi mie, Malang juga punya ‘Soto Lombok’ yang legenda citarasanya telah diakui Nusantara.
Depot Soto Ayam Lombok terletak di Jalan Sulawesi Nomor 1 Malang (Ketetapan Dari Pemerintah Kota Malang, red). Tetapi depot ini juga terletak di sepanjang Jalan Lombok Malang. Depot ini memakai nama ‘Lombok’, karena tempat berjualannya di sepanjang Jalan Lombok juga. Harga saru porsi Soto Ayam dibanderol 12 ribu Rupiah.
17. Gado Gado Warung Citra (Tahun 1956 – Sekarang)
Gado Gado Warung Citra
Gado Gado Warung Citra (Foto : berita.grosirkeripik.com)
Bahannya sama seperti gado-gado pada umumnya, lontong, rebusan telur, tahu, selada, kentang, taoge yang kemudian disiram dengan saus kacang dan kecap. Namun yang istimewa dari gado-gado ini, ia sudah hadir sejak tahun 1956.
Uniknya lagi, kuliner Malang murah yang satu ini dijual di atas sepeda kumbang yang hingga kini masih terawat dan kokoh menemani berjualan. Gado gado Citra ini terletak di Jalan Sutomo, Malang. Harganya cukup nyaman di kantong alias murah-meriah.
18. Warung Rujak Cingur Bude Ruk (Tahun 1960 – Sekarang)
Warung Rujak Cingur Bude Ruk
Warung Rujak Cingur Bude Ruk (Foto : kaskus.co.id)
Warung Rujak Cingur Bude Ruk adalah tempat wisata kuliner di Malang yang wajib dikunjungi bagi para penggemar rujak. Bisa dikatakan inilah warung rujak cingur tertua yang masih ada di Kepanjen.
Di papan namanya tertulis sejak tahun 1960, tapi menurut beberapa orang, warung rujak cingur paling enak di Malang ini sudah ada sejak tahun 1950-an. Wah, sudah lama sekali kalau begitu ya?.
Warung Rujak Cingur Bude Ruk berada di Jalan Suruji nomor 17. Tepatnya di gang 1, gang sempit yang menghubungkan Jalan Suruji dengan Jalan Sultan Agung (Sawunggaling), tepatnya di sebelah Toko Jawa.
Saking terkenalnya Warung Rujak Bude Ruk, sampai-sampai gang sempit ini pun diberi nama Gang Rujak. Rugi deh kalau belum mencicipi kuliner Malang yang enak dan murah harganya ini.
19. Ketan Legenda Batu (Tahun 1967 – Sekarang)
Kuliner-Malang-Pos-Ketan-Legenda
Kuliner Malam Malang Pos Ketan Legenda (Foto : rizqi.nizamilputra.com)
Di Kota Wisata Batu terdapat kuliner Malang malam hari yang populer bernama Pos Ketan Legenda – 1967. Tempat ini menyajikan menu utama hidangan ketan. Pos Ketan Legenda Kota Batu terletak di sebelah barat Alun-alun Kota Batu atau lebih tepatnya di Jl. KH Agus Salim, Junrejo – Batu.
Disini Anda akan disajikan aneka menu ketan mulai dari Ketan Bubuk, Ketan Susu Keju, Ketan Kacang, Ketan Keju Meses, Ketan Campur, dan Ketan Kicir yang terkenal akan citarasanya yang lezat. Selain aneka menu ketan, juga terdapat aneka minuman seperti teh, kopi, jossua, sogem, jahe, STMJ Murni Segar, Susu dan aneka minuman lainnya.
Pos Ketan Legenda Kota Wisata Batu dibuka setiap harinya mulai pukul 15.00 – 03.00 dan untuk mode lesehan/cangkrukan dibuka mulai pukul 22.00. Pas banget nih buat menemani wisata malam di kota Batu, Malang. Harga satu porsi ketan dengan berbagai toping sekitar Rp.5.000 – Rp.10.000,-.
20. Sate dan Gule Kambing Haji Paino Bunul (Tahun 1973 – Sekarang)
Sate-Haji-Paino-Bunul
Sate dan Gule Kambing Haji Paino Bunul (Foto : id.foursquare.com)
Warung Sate dan Gule Kambing Haji Paino Bunul ini sudah ada sejak tahun 1973. Kehadirannya yang cukup lama di Malang ini menjadikan Sate dan Gule Kambing Haji Paino Bunul sebagai salah satu tempat makan enak dan murah di Malang yang banyak diburu pembeli.
Berbeda dengan kebanyakan jenis sate dan gule kambing pada umumnya, citarasa kelezatan aneka menu kambing di rumah makan ini sungguh juara. Pasalnya, selain daging kambingnya sangat empuk, ‘bau kambing’nya pun tidak tercium sama sekali.
Rasa khas yang diciptakan membuat tempat makan enak di Malang ini tidak pernah sepi pengunjung. Kualitas rasa juara, harga sangat bersahabat. Itulah yang membuat sate dan gule H. Paino ini disukai banyak kalangan.
Lokasi dan alamat Sate dan Gule Kambing Haji Paino Bunul terletak di Jl. Hamid Rusdi Timur Gang 4 No. 315, Bunulrejo, Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur. Harga gulai kambing kecil Rp. 23.000,- dan untuk gulai kambing besar Rp.30.000 – Rp.70.000,-.
21. Cwie Mie Malang
Cwie-Mie-Malang
Cwie Mie Malang (Foto : tukangngopi.com)
Cwie Mie Malang sebenarnya tak berbeda jauh dengan mie ayam lainnya. Bedanya, cwie mie malang menggunakan daging ayam yang diiris halus hingga hancur menyerupai abon. Tidak seperti daging pada mie ayam yang bercitara manis, irisan ayam pada cwie mie malang rasanya asin.
Cwie Mie Malang ini lalu dinikmati dengan taburan bawang goreng, selada, dan kuah yang terasa gurih. Di Malang, Anda dapat mencoba Cwie Mie Malang ini di Resto Hot Cwie Mie Malang di Jalan Raya Mojorejo No. 99 Junrejo , Batu. Tempat makan murah meriah enak di Malang ini menyajikan cwie mie di dalam mangkuk yang terbuat dari pangsit.
Ada beberapa pilihan mie yang bisa Anda pesan di sini seperti Yamien (mie khas Malang), Song Mie (mie jamur), Zuper Duper Yamie (mie dengan porsi besar), Kwetiau dan lain-lain. Harga yang dipatok untuk varian mie tersebut berkisar antara Rp 11.000 hingga Rp 16.500 saja.
Ngalamers juga bisa memesan varian minuman sebagai pendamping mie seperti Es Campur, Es Gloria, Es Leci Soda, Fresh Lemon Soda, Es Jeruk Nipis, Es Squash, dan masih banyak lagi. Untuk harga varian minuman tersebut, Hot Cui Mie hanya memasang harga sekitar Rp 3. 000 hingga Rp 10.000.
22. Bakso Bakar Pak Man
Bakso-Bakar-Pak-Man
Bakso Bakar Pak Man (Foto : putrinyanor,al.com)
Ini dia variasi baru dan unik kuliner bakso malang yaitu bakso bakar. Bakso bakar khas Malang pertama kali diciptakan oleh Soeparman alias Pak Man pada tahun 1997. Bakso Bakar Pak Man termasuk salah satu tempat wisata kuliner di Malang yang harus dicoba bagi pecinta bakso.
Bakso bakar ini terbuat dari daging sapi yang digiling lalu direbus dan dibakar. Sebelum dibakar, bakso diberi berbagai bumbu seperti kecap dan saos. Dengan aromanya yang harum dan rasanya yang nikmat dan pedas, bakso bakar ini menjadi buruan para wisatawan yang berkunjung ke Malang.
Jika penasaran ingin mencicipi bakso bakar Pak Man, Warung Bakso Bakar Pak Man ini ada di Jalan Diponegoro No 19 A Kota Malang. Harga satu mangkok yang berisi sekitar 10 biji dbanderol dengan harga Rp.20.000,-.
23. Surabi Imut
Surabi-Imut
Surabi Imut (Foto : adylahaquee.wordpress.com)
Surabi memang dikenal sebagai kuliner khas Bandung yang terkenal. Namun, ternyata Malang juga punya jajanan enak yang satu ini. Salah satu tempat wisata kuliner di Malang yang menyajikan makanan khas surabi adalah Surabi Imut. Terletak di Jl. HOS Cokroaminoto (Gang Depan Pasar Klojen), Malang, Surabi Imut sudah menjadi jajanan favorit di Malang sejak tahun 2004.
Selain warga kota Malang sendiri, ternyata cukup banyak wisatawan dari luar daerah yang juga sering berkunjung ke sini. Warung Surabi Imut buka sekitar pukul 12.00 WIB sampai 21.00 WIB. Terdapat sekitar 44 varian topping rasa Surabi Imut yang ditawarkan Surabi Imut Klojen ini. Harganya cukup terjangkau sekitar Rp.6.000,-.
Beberapa varian tersebut seperti surabi strawberry, surabi daging, surabi cokelat, surabi pisang, surabi mayonnaise, surabi keju, surabi kacang, surabi sosis, surabi meses, dan masih banyak lainnya. Semua varian rasa tersebut layak untuk Anda cicipi.
Menu minumannya pun terdiri atas banyak varian rasa yang menggoda. Ada es yogurt yang paling cocok untuk dinikmati dengan surabi, lalu es susu coklat, kopi, es moccacino, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa memesan menu pisang bakar yang tak kalah lezat di Warung Surabi Imut Klojen ini. Jajanan ini ternyata cukup baik untuk kesehatan pencernaan.
24. Surabi Gendud
Surabi-Gendud
Surabi Gendud (Foto : halomalang.com)
Satu lagi kuliner surabi di Malang yang wajib Anda coba yaitu Surabi Gendud. Tempat wisata kuliner di Malang yang satu ini terletak di Jl. Mayjen Panjaitan 205 Malang, tak jauh dari kampus Universitas Brawijaya. Harga terjangkau untuk kantong pelajar dan mahasiswa.
Ukuran surabi yang ditawarkan memang lebih besar ukurannya daripada surabi lainnya kebanyakan. Dengan harga surabi yang tergolong murah, Anda dapat menambahkan aneka citarasa pada surabi tersebut, misalnya topping durian. Tersedia juga aneka minuman yang dapat Anda nikmati di sana.
25. Burger Buto Kedai 27
Burger-Buto-Kedai-27
Kedai 27 adalah salah satu tempat makan enak di Malang yang menyajikan Burger Buto (Foto : halomalang.com)
Bagi Anda yang sedang mencari makanan unik di Malang, wajib deh mampir ke resto Kedai 27 yang terletak di Jl. Sarangan 27 Lokowaru, Malang Utara.. Disini ada menu yang super unik namanya Burger Buto. Ketika mendengar namanya, mungkin Anda sudah dapat membayangkan kuliner yang satu ini.
Makanan ini disebut Burger Buto karena ukuran makanannya yang super besar. Resto enak di Malang ini menyediakan berbagai macam burger dengan ukuran yang besar. Ada menu yang disebut Burger Buto Ijo. Diameter burger ini 30 cm, dan burger ini dapat dinimati oleh 3 sampi 4 orang.
Selain burger Buto ada pula Burger Buto Long dengan penampilan seperti Hotdog. Panjang burger ini 40 cm dan lebar 15 cm, dengan isi berupa daging. Ada juga menu Burger Buto Keceng yang panjangnya 60 cm, berisi daging, sayur, dan saos.
Menu lainnya adalah Nasi Ndeso. Nasi Ndeso ini adalah nasi bakar dengan pilihan lauk kikil sapi, ceker ayam, serta tahu dan tempe penyet. Jika Anda ingin mengunjungi tempat ini, tempat makan ini buka mulai pukul 11.30 hingga pukul 21.00 WIB, setiap hari. Untuk hari Jumat, baru mulai buka pukul 12.30 hingga 21.30 WIB.
Dengan budget di bawah Rp 35 ribu, dijamin Anda kenyang makan di tempat ini. Tak heran jika Burger Buto masuk dalam daftar rumah makan enak dan murah di Malang. Jika Anda berkunjung pada week end, biasanya burger buto ijo sudah habis selepas pukul 16.00 WIB.
26. Baegopa
Baegopa-Malang
Ilustrasi menu makanan di Baegopa (Foto : undefinedserenity.blogspot.com)
“Baegopa? House of Hungry” merupakan tempat untuk mencari makanan di Malang yang enak. Baegopa sendiri berlokasi di Jalan Mundu 18, lokasi ini merupakan lokasi baru “Baegopa? House of Hungry”, dimana sebelumnya berlokasi di Jalan Bogor 11 (satu lokasi dengan dW Coffee Shop).
Untuk hidangannya sendiri, tempat makan enak ini menawarkan berbagai menu hidangan utama berupa aneka olahan ayam fillet yang dikemas dengan bumbu bercita rasa khas ala Baegopa. “Baegopa? House of Hungry” termasuk tempat nongkrong di Malang favorit anak muda untuk hangout bareng teman/sahabat.
Adapun menu andalan yang patut dipesan ketika berkunjung kesini yakni diantaranya Chicken Kukuruyuk ; 200 gram ayam fillet dengan saus Barbeque, Chicken Bili-Bili ; 200 gram ayan filler dengan saus keju ditambah irisan daging asap, dan Chicken Neon ; 200 gram ayan fillet dengan potongan sosis dan sasus keju yang begitu menggoda.
Menu lain yang tidak kalah menggiurkan untuk dicicipi yakni diantaranya Chicken Pook-Pook, Chicken Cordon Bleu, Chicken Dako, Chicken Rice dan lain sebagainya. Harga makanan di resto ini sekitar Rp.15.000,- s/d Rp.29.000,-.
27. Orem-orem Khas Arema
Orem-orem Malang
Orem-orem Malang (Foto : klikhotel.com)
Orem-orem adalah masakan kuliner yang berbahan dasar irisan tempe dan dimasak bersama kuah santan kental. Penyajiannya adalah dengan ketupat iris yang diberi tauge, tempe dan disiram kuah sayur kuah santan.
Rasa kuah orem-orem mirip seperti sayur lodeh dengan rasa sedikit pedas, dan bisa ditambah kecap manis dan sambal sesuai selera. Masakan ini adalah salah satu makanan khas Malang. Sepintas mirip dengan “Babatong” salah satu kuliner Bogor yang terkenal.
Orem-orem ini sering dinikmati dengan pelengkap berupa tempe goreng dan mendol goreng. Mendol adalah camilan khas Malang dari tempe yang dihaluskan, lalu diberi bumbu dan digoreng. Untuk rasa yang lebih “nendang”, orem-orem sering ditambahkan dengan kecap dan sambal.
Salah satu tempat wisata kuliner di Malang yang menjual orem-orem adalah Orem-orem Khas Arema. Setiap harinya, warung Orem-orem Khas Arema, yang sudah ada sejak 1995 itu selalu ramai pengunjung. Kebanyakan para turis dan wisatawan datang mencicipi makanan ini.
Orem-orem Khas Malang ini terletak di Jl. Blitar. Jika orem-orem saja harganya sekitar Rp. 7.000, tambah ayam Rp 10.000 atau tambah dengan Telur asin Rp.8000 per porsi. Ditambah dengan krupuk bawang yang enak, semakin melengkapi makanan khas ini.
28. Bubur Ayam Agus
Bubur-Ayam-Agus
Bubur Ayam Agus (Foto : initempatwisata.com)
Bubur ayam yang terletak di Ruko Simpang Wilis No. 4 Malang ini menawarkan citarasa bubur ayam yang spesial. Sajian bubur nan lembut dengan citarasa yang begitu gurih akan siap memanjakan lidah Anda.
Tempat ini juga menyajikan nasi bakmoy, pangsit mie, lumpia, dan aneka jajanan menarik lainnya. Harga kisaran Rp 6.500 – Rp 18.500. Jam buka mula pukul 07.00 – 22.00 WIB.
29. Mie Gajah Mada Malang
Mie-Gajah-Mada-Malang
Mie Gajah Mada Malang (Foto : closetdomesticbunny.blogspot.com)
Bagi Anda penggemar mie, jangan sampai melewatkan salah satu mie paling enak di Malang yang satu ini. Depot mie yang terletak di Jl. Pasar Besar 17A Malang ini menawarkan aneka hidangan mie yang siap memanjakan lidah Anda.
Menu favorit di depot Mie Gajah Mada Malang adalah mie ayam jamur. Meski demikian Anda patut mencoba mie pangsit yang tak kalah lezat. Depot ini buka pada hari senin hingga sabtu mulai pukul 09.00 – 14.30 WIB. Kemudian buka lagi mulai pukul 17.00 – 21.00 WIB dan khusus hari minggu depot ini buka pukul 09.00 – 14.30 WIB.
Beberap daftar menu dan harga antara lain : Mie Istimewa (14.500), Pangsit Mie Biasa (Rp 12.000), Pangsit Mie Bakso (Rp 18.000), Pangsit Kuah (Rp 14.000), Siomay, Bakso Ikan Kakap, Bakso Daging (Rp 20.000), Bakso Sapi, Tahu Ikan (Rp 13.500), Es Sari Kelapa (Rp 6.000), Fosco atau susu sapi asli yang dicampur coklat (Rp 8.000), Es Markisah (Rp 8.000).
30. Mie Iblis Malang
Mie-Iblis-Malang
Mie Iblis Malang (Foto : initempatwisata.com)
Kuliner yang satu ini termasuk salah satu tempat wisata kuliner di Malang yang tergolong baru. Namun, kedai mie yang terletak di Jl. Kol. Sugiono No. 122 Malang ini menawarkan hidangan mie dengan cita rasa pedas yang sungguh nikmat.
Bagi Anda penyuka rasa pedas, jangan lewatkan mie yang satu ini. Mengambil nama Mie Iblis, kata IBLIS di sini adalah singkatan dari “Ini Baru Lezat dan Istimewa”. Harganya cukup murah terjangkau.
31. STMJ Glintung
STMJ-Glintung
STMJ Glintung (Foto : dhaniedewanta.wordpress.com)
Satu lagi kuliner malam Malang yang wajib dikunjungi yaitu STMJ Glintung. Tempat ini adalah tempat yang disukai banyak kalangan muda sebagai tempat nongkrong yang enak dan asyik. Di STMJ Glintung, Anda dapat memesan roti bakar dan pisang bakar hingga minuman STMJ (Susu Telor Madu Jahe) yang nikmat dan menghangatkan badan.
Anda dapat menjumpai STMJ Glintung di Jl. Letjend S Parman No. 114 A Blimbing, jangan lewatkan untuk singgah di tempat ini sebagai tempat bersantai Anda bersama sahabat. Pas banget memang buat tempat kumpul-kumpul di Malang sambil menikmati kehangatan STMJ yang maknyus.
32. Noodle Inc
Noodle-Inc-Malang
Noodle Inc (Foto : tripadvisor.com)
Masih seputar mie, ada neh mie enak di Malang yang cukup populer namanya Noodle Inc. Tempat makan ini terletak di Jl. Soekarno Hatta, DR 1-2 Kota Malang. Disini Anda bisa mencicipi menu andalan Noodle Inc yaitu mie tarik.
Istimewanya, mie di tempat ini dibuat saat ada pesanan dan Anda bisa melihat prosesnya langsung. Selain mie, Anda juga bisa memesan dimsum sebagai hidangan pendamping.
Dengan kisaran harga Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu, Anda bisa menikmati hangatnya mie tarik di tengah hawa dingin kota Malang. Murah meriah bukan? Pas banget buat makan saing atau malam. Jam buka sekitar pukul 11.00 – 00.00 WIB.
33. Warung Mie Setan
Warung-Mie-Setan
Warung Mie Setan (Foto : infomalang.com)
Berlokasi di Jalan Bromo Malang, kuliner Malang mie setan ini menawarkan makanan masakan mie pedas dengan 5 level kepedasan dimana level 1 terdiri dari 12 cabe dan level 5 dengan 60 cabe.
Selain nama makanannya yang unik yaitu setan nama minumannya pun unik dan seram seperti Genderuwo, Tuyul, Sundel bolong, Pocong dan Kuntilanak dengan rasa lumayan sangat manis, cocok untuk meredam pedasnya Mie Setan.
Warung makan ini buka tiap hari mulai jam 16.00 hingga 23.00. Harga makanan disini pun cukup variatif Rp 8.500 per porsi per mie dan untuk minumannya mulai harga Rp 4.000. Termasuk salah satu tempat buka puasa murah di Malang.
34. Mie Jogging
Mie-Jogging-Malang
Mie Jogging (Foto : anna-anneu.blogspot.com)
Selain Mie Setan, ada juga Mie Jogging yang tak kalah pedas. Dengan pilihan level dari 37 – 41 derajat celcius, para pengunjung bisa memilih dari 0 hingga 40 cabai dalam mie yang di pesan. Selain pilihan level, rasa yang tersedia pun mempunyai nama yang unik. Dari Mie Sesuatu, Mie Selalu, hingga ke Mie Banget.
Dinamakan Mie Jogging karena setelah memakan dengan banyaknya cabai yang ada, maka sensasi berkeringat seperti habis jogging pun dapat pengunjung rasakan.
Berani mencoba jogging dengan cara baru? Datang saja ke lokasi Mie Jogging yang terletak di Jalan Soekarno-Hatta (Ruko Soehat), Malang, Jawa Timur. Harga sekitar Rp.4.000,- s/d Rp.13.000,-. Jam buka mulai pukul 11.00 – 23.00 WIB.
35. Mie Tomcat
Mie-Tomcat
Mie Tomcat (Foto : halomalang.com)
Mie Tomcat terletak di Jl. Soekarno Hatta, Ruko DR-09 dan jam bukanya mulai pukul 11.00 – 22.00 WIB. Mie Tomcat merupakan salah satu sajian mie yang menggunakan level kepedasan lagi dalam hidangannya. Uniknya, level kepedasan disini dinamakan sesuai dengan dengan jenjang pendidikan di Indonesia.
Dari level PAUD yang tanpa cabai hingga level Professor yang menggunakan 35 cabai. Terbayang pedasnya seperti apa jika pengunjung ingin mendapatkan gelar professor dari Mie Tomcat ini. Selain mie tomcat, menu lain yang tersedia yaitu Mie Apah, Mie Amyu, Mi Hoyeng Bakmi serta spagheti yang dibanderol pada kisaran Rp 6.000 – Rp 7.000 saja.
Yang membuat Mie Tomcat istimewa adalah level kepeadasannya tersebut serta kelezatan bumbu yang sangat meresap ke dalam mie. Tak heran jika Mie Tomcat selalu ramai oleh pengunjung yang ingin mendapatkan gelar pendidikan secara instan.
36. Ayam Pakuan
Ayam-Pakuan-Malang
Ayam Pakuan (Foto : ayampakuanmalang.wordpress.com)
Bagi Anda penggema kuliner ayam, jangan sampai melewatkan restoran di Malang yang enak ini, yaitu Restoran Ayam Pakuan. Restoran ini sangat cocok dijadikan tempat buka puasa di Malang bersama keluarga atau teman-teman dekat dalam jumlah yang banyak.
Tempat makan di Malang ini menyajikan aneka menu makanan yang berbahan dasar ayam. Ayam Pakuan rasanya menggoyang lidah, apalagi sambal koreknya terasa cetar di lidah. Tempat makan ini tidak jauh dari kampus UIN, Brawijaya dan UM.
Harganya pun sangat pas dikantong mahasiswa, kisaran 13.000 bisa merasakan enaknya Ayam pakuan. Alamat : Jl. Bendungan Sigura-gura No. 44-46 Malang 0341 – 578475.
37. Ayam Bakar Lientang
Ayam-Bakar-Lientang
Ayam Bakar Lientang (Foto : foursquare.com)
Sesuai dengan namanya, Ayam Bakar Lientang tentunya menyajikan menu utamanya yaitu ayam bakar. Aroma dan rasa ayam bakar yang gurih, enak, serta mengugah selera.
Harga yang murah tak mengurangi kelezatan dari makanan yang disajikan. Selain ayam bakar, disini juga tersedia garang asem jeroan serta urap-urap yang dapat menemani ketika menyantap ayam bakar. Warung Lesehan Ayam Bakar “Lientang” terletak di Jl. Danau Bratan Raya C2A – 16 (Sawojajar), Malang.
38. Dapur Resto Kota Malang
Dapur-Resto-Kota-Malang
Dapur Resto Kota Malang (Foto : youngnesia.com)
Ini dia resto di malang yang pas banget buat makan bersama keluarga dan sahabat-sahabat dekat, yaitu Dapur Resto Kota Malang. Dapur Resto Malang berada di Jalan Soekarno Hattta.
Tempat makan sekitar Universitas Brawijaya ini menawarkan makanan Indonesia maupun Internasional dengan harga relatif bersahabat. Rumah makan ini cukup luas dengan desain bangunan yang membuat pengunjung nyaman untuk menikmati aneka makanan bersama rombongan atau keluarga.
39. Waroeng Spesial Sambal (SS)
Waroeng-Spesial-Sambal
Waroeng Spesial Sambal (Foto : halomalang.com)
Waroeng SS merupakan restoran di Malang enak dan murah yang menyajikan makanan tradisional Indonesia dengan 27 jenis sambal pilihan yang gurih. Level kepedasannya dapat disesuaikan dengan selera termasuk sambal teri, sambal cumi dan lainnya. Harganya nyaman di kantong pelajar dan mahasiswa.
Beberapa menu andalan warung makan ini adalah Gereh Keranjang (Ikan Bingung), Jamur Goreng, Cumi Goreng Tepung dan lainnya. Tempat makan yang awalnya berdiri di Yogyakarta ini buka setiap hari dari jam 13.00 sampai 22.00. Kalau tidak salah, Waroeng SS ini masuk dalam daftar tempat makan di Malang yang bisa delivery.
40. Illy Cafe Lai Lai
Illy-Cafe-Lai-Lai
Illy Cafe Lai Lai (Foto : halomalang.com)
Cari tempat nongkrong yang asyik? Datang saja ke Illy Cafe Lai Lai yang berada di jalan Arjuno No 36. Tempat ngabuburit di Malang favorit anak muda ini buka setiap hari jam 10.00 hingga 22.00 WIB dan khusus hari sabtu buka jam 13.00 sedangkan untuk hari kamis tutup.
Tempat wisata kuliner di Malang ini menawarkan berbagai menu makanan dimana harga untuk satu porsi berkisar dari 7.000 hingga 20.000 dan tentunya dengan cita rasa yang lezat dan nyummi.
Selain makanan yang enak, kelebihan dari kafe ini adalah koneksi internetnya atau wifi-ya yang dijamin cepat jadi Anda bisa mengerjakan tugas disini tanpa takut koneksi lelet.
41. Racel Risol
Racel-Risol-Malang
Racel Risol (Foto : kitakemana.com)
Tempat makan yang dikelola oleh sepasang suami istri, Indra dan Cella, ini telah menjadi salah satu restoran di Malang yang hits. Selain karena konsep baru yang diusung oleh tempatnya, tentunya sajian risol yang lezat nan murah menjadi andalan disini.
Menu risol disini menggunakan berbagai macam isian, mulai dari tuna melt, pizzeria, sosis, hingga ke jagung manis ada disini. Walaupun namanya risol, bukan berarti tidak ada makanan lain disini. Menu lain seperti mie pedas, pancake, pasta hingga sandwich pun ada disini.
Berbagai minuman segar ala Racel Risol dan aneka dessert pun juga ada. Soal rasa? Juara! Soal harga? Juara umum! Racel Risol menawarkan kelezatan cita rasa yang maknyus dengan harga terjangkau untuk kantong mahasiswa atau pelajar.
Tempat yang nyaman, harga bersahabat, serta sering mengundang komunitas anak muda di Malang, Racel Risol merupakan tempat yang pas untuk nongkrong santai. Penasaran bukan? Datang saja ke lokasi tempat makan ini di Jalan Pandan Malang Kota Malang, Jawa Timur.
42. Depot Hok Lay
Depot-Hok-Lay
Depot Hok Lay (Foto : inijie.com)
Lumpia memang salah satu kuliner khas Semarang yang populer, namun Anda juga dapat menikmati makanan ini di Malang. Datang saja ke Depot Hok lay yang terletak di Jalan KH. Ahmad Dahlan untuk merasakan Lumpia yang top markotop.
Sajian kuliner disini didominasi oleh makanan lumpia khas Semarang. Kesan vintage terlihat dari perabotan arsitektur bangunan, mulai dari meja kursi ukiran kayu, jendela dengan kaca ukuran besar, dan lantai dari jenis tegel kuno.
Depot Hok Lay telah dikenal konsumen sejak tahun 1946. Ada satu jenis minuman yang juga menjadi ikon depot yang satu ini, yaitu minuman legendaris Fosco. Minuman ini rasanya cukup khas karena terbuat dari coklat dan susu murni yang kemudian disajikan dalam kondisi dingin.
Uniknya lagi, minuman Fosco dikemas dalam botol kaca (bekas botol coca-cola). Minuman ini konon dibuat dari resep asli Belanda dan menjadi minuman favorit sejak dulu. Harganya lumayan terjangkau, lumpia dibanderol dengan harga sekitar Rp.15.000,-.
Ciri khas dari depot atau toko jaman kuno yang dikelola oleh orang keturunan Tionghoa adalah tidak pernah buka sepanjang hari. Mereka akan menutup tokonya pada siang hari dan akan buka kembali pada sore. Oleh karena itu jam operasional dari depot ini adalah 09.00 s.d. 13.30 kemudian kembali dari pukul 17.00 s.d. 20.30.
43. Pia Mangkok Malang
Pia-Mangkok
Pia Mangkok (Foto : anekatempatwisata.com)
Kalau kita mendengar kata “pia”, biasanya akan langsung tertuju pada salah satu oleh-oleh khas Jogja yang bernama “Bakpia Pathok” atau oleh-oleh khas Bali yang namanya “Pia Legong”. Namun ternyata, kota Malang juga punya Pia atau Pie yang bisa dijadikan sebagai tujuan wisata Kuliner bersama keluarga. Namanya Pia Cap Mangkok.
Pia Mangkok Malang mempunyai rasa yang sangat enak, bertekstur sangat lembut. Rasa kacang hijau terkombinasi dengan apik di makanan khas Malang yang satu ini. Beberapa rasa lain bisa Anda nikmati di tempat ini misalnya saja rasa durian, keju, cokelat dan kopi.
Pia Mangkok Malang terletak di jalan Semeru No. 25 Malang. Harga Pia Mangkok dibedakan dari rasa dan jumlah pia dalam kemasan tersebut. 1 pack (5 biji): Rp11.500,- ; 1 dos (12 biji): Rp26.500,- ; 1 dos (25 biji) Isi kacang hijau: Rp49.000,- ; Isi Cokelat: Rp49.000,- ; Isi Kopi: Rp49.000,-; Isi Keju: Rp53.000,- ; Tangkwee: Rp 53.000,-.
44. Lesehan Pak H. Soleh
tempat-makan-enak-di-malang
Tempat makan enak di Malang Lesehan Pak H. Soleh (Foto : malang-guidance.com)
Lesehan Pak H. Sholeh termasuk restoran di Malang yang enak. favorit warga dan wisatawan. Resto dengan konsep lesehan atau pun gazebo mungkin sudah menjamur. Namun rumah makan yang satu ini bisa dikatakan tetap berdiri kokoh di tengah berbagai saingan rumah makan yang semakin bermunculan di kota Malang.
Warung Lesehan Pak Sholeh sendiri terkenal akan menu hidangan utamanya yang begitu menggoda antara lain Ayam Goreng / Bakar Lalapan, Gurami Goreng / Bakar Lalapan, Udang goreng / asam manis / crispy, Bandeng bakar / goreng, Dorang goreng / bakar hingga Bebek Goreng dan sebagainya.
Bukan hanya itu, Warung Lesehan Pak H Sholeh Karangploso juga menawarkan menu pedamping lain seperti tempe penyet, tempe bacem, sambal terong, pecel lele, cah kangkung dan sayur lodeh daun singkong.
Selain aneka menu masakan yang menggugah selera, Warung Lesehan Pak Sholeh Karangploso juga menyediakan minuman khas seperti Es Beras Kencur dan Es Sinom. Harga makanan disini cukup murah terjangkau.
Lokasi dan alamat Lesehan Pak H. Soleh berada di Jalan Kepuharjo, Karangploso, Malang (Samping ATM Bank Mandiri). Jam buka sekitar pukul 08.00 – 10.00 WIB.
45. Lesehan Yogyakarta Malang
Lesehan Yogyakarta
Lesehan Yogyakarta Malang (Foto : galaxynetz.com)
Satu lagi rumah makan lesehan di Malang yang bisa Anda kunjungi yaitu warung lesehan Yogyakarta. Lokasinya berada di Jalan Raya Lembah Dieng Blok A1 No. 8, Dau, Malang dan di Jl. Kendalsari Barat No. 8, Soekarno Hatta – Malang, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB.
Dekorasi dari rumah makan ini penuh dengan dedaunan dan kolam ikan koi di sekelilingnya. Selain faktor tempatnya yang asik, faktor kualitas makanannya juga tidak diragukan lagi. Harganya juga standard tidak terlalu mahal sekitar Rp.4.000,- s/d Rp.40.000,-. Oya, sobat jangan keliru ya! Namanya memang mirip-mirip kuliner Jogja namun ini berada di Malang lho.
Untuk menu makanan hampir sama dengan warung makan lesehan pada umumnya, antara lain ayam goreng kremes / ikan gurami goreng kremes, ikan gurami bakar, tempe penyet, sayur taoge, cah kangkung, udang masak mentega, udang goreng tepung, dan lainnya. Untuk menu minuman juga tersedia aneka macam minuman yang segar, seperti es campur, es jeruk, es juice dsb.
46. Bakso Bakar Trowulan
Bakso Bakar Trowulan
Bakso Bakar Trowulan (Foto : wahabm35.files.wordpress.com)
Bakso bakar nampaknya sedang hits akhir-akhir ini. Ada lagi neh, salah satu bakso bakar paling enak di Malang! Bakso bakar Trowulan namanya. Soal bumbu tidak pakai pelit, minta pedes dikasih pedes, minta sedeng bakalan dikasi pedes dikit, minta ga pedes, tentu dikasih bumbu manis.
Harganya murah banget Rp 1.500,- per bijinya! Penasaran dengan rasanya? Datang saja ke Jl. Candi Trowulan no. 65, Malang. Jam buka mulai pukul 10.00 – 19.30 WIB.
47. Bakso Bakar Pahlawan Trip Malang
Bakso Bakar Pahlawan Trip Malang
Bakso Bakar Pahlawan Trip Malang (Foto : iwisataindonesia.com)
Satu lagi bakso bakar yang sayang bila dilewatkan begitu saja, yaitu Bakso Bakar Pahlawan Trip Malang. Lokasinya berada di Jl. Pahlawan Trip, Jatikerto, Kota Malang, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 09.00 – 22.00 WIB. Harganya murah meriah.
Bakso bakar merupakan salah satu inovasi makanan khas Malang yang dapat diterima oleh semua kalangan. Tak kecuali Bakso Bakar Pahlawan Trip Malang ini. Selain menawarkan kelezatan bakso bakarnya, usaha kuliner rumahan ini juga menghadirkan hidangan bakso kuah yang juga pantang untuk dilewatkan.
Sambil menikmati hidangan, lokasi yang dikelilingi pepohonan besar khas Jalan Ijen akan semakin membuat suasana makan Anda terasa nyaman dan menyenangkan. Warung Bakso Bakar ini juga menyediakan lahan parkir yang cukup memadai di pinggir jalan Pahlawan Trip yang memang tidak padat akan lalu lintasnya.
48. Sate Hotplet
Sate-Hotplet
Sate Hotplet (Foto : indoturs.com)
Nah, bagi sobat traveler yang sedang mencari tempat wisata kuliner di kawasan Batu Malang, bisa mampir ke Sate Hotplet. Depot Sate Hotplet Batu merupakan salah satu tempat makan yang menyajikan menu hidangan utama berupa sate kambing. Depot Sate Hotplet sendiri berlokasi di Jl. Patimura Batu, Malang (Sebelah kanan dari arah Karang Ploso/Malang).
Beragam menu hidangan daging kambing yang tersaji di Depot ini antara lain Sate Kambin (Daging / Hati / Campur), Tongseng, Sop Kikil, Gule, Otak goreng, Bacem Kepala Kambing hingga Tengkleng dapat Anda temukan di Depot Sate Hotplet Batu ini.
Selain menu berbahan daging kambing, Depot Sate Hotplet Batu juga menyajikan menu lain untuk Anda yang tidak suka daging kambing seperti Sate Ayam, Rawon dan Krengseng. Harga bersahabat kok.
Yang unik dari Sate Hotplet adalah penyajian satenya yang dihidangkan di Hotplet bersama bumbu kacang serta irisan bawang merah dan jeruk nipis yang semakin menambah sensasi makan lebih bergairah. Tak kalah enak dengan kuliner khas solo yang bernama sate buntel.
49. Warung Wareg
Warung Wareg
Warung Wareg (Foto : rahmiaziza.com)
Bingung cari tempat makan di Batu Malang? Datang saja ke Warung Wareg di Jl. Raya Beji No. 7, Batu. Lokasi yang strategis yakni jalan utama menuju ke pusat Kota Batu menjadikan Warung Wareg sebagai pilihan yang pas untuk makan para wisatawan.
Warung Wareg Batu menawarkan aneka macam masakan yang menurut komentar dari banyak orang “taste very good”. Menu utama yang menjadi primadona di Warung Wareg adalah olahan gurami yang tersaji dalam kondisi goreng dan bakar.
Selain Gurami, tersedia juga menu olahan lain seperti ayam goreng/bakar, bakso, lele, aneka gorengan, nasi goreng dan bakmi. Soal harga juga cukup terjangkau, untuk aneka olahan Gurami Warung Wareg dibandrol kisaran harga Rp.50.000, sedangkan menu lainnya dibawah Rp.20.000.
50. Warung Sate Kelinci
Sate-Kelinci
Ilustrasi Sate Kelinci (Foto : onto-stuffiness.blogspot.co.id)
Kelezatan dan khasiat dari Sate Kelinci di warung ini sudah tidak diragukan lagi oleh kebanyakan orang yang sebelumnya sudah pernah menikmatinya. Kelinci yang diolah di Warung Sate Kelinci Batu ini merupakan kelinci pilihan siap potong yang berusia kurang lebih 4 – 6 bulan.
Selain menu sate kelinci, terdapat menu lain yang tak kalah lezat untuk para pengunjung yang kurang tertarik mencicipi sate karena mungkin terkena sugesti kelucuan binatang berbulu ini. Tempat makan ini cocok untuk keluarga ketika berada di Kota Batu. Alamatnya di Jl. Patimura 106, Batu. Harga murah terjangkau.
51. Ria Djenaka Batu
Ria-Djenaka-Batu
Ilustrasi Ria Djenaka Batu (Foto : acaranews.blogspot.co.id)
Cafe Ria Djenaka yang terletak di jalur utama arah Kota Batu ini menjadi tempat makan yang enak buat nongkrong karena cozy dan nyaman. Tatanan bangunan yang terkesan modern dan cocok untuk tempat berkumpul membuatnya selalu ramai dipenuhi oleh para kawula muda yang mayoritas mahasiswa dan pebisnis muda.
Menu kulinernya pun beragam mulai dari dessert, main course sampai dengan snack tersedia untuk menemani waktu bersantai di Ria Djenaka Batu. Harga standard seperti cafe pada umumnya. Yang menjadi unik dan berbeda di Ria Djenaka Batu ini adalah konsep tempat duduk yang tersedia dalam beberapa nuansa.
Di lantai 1 kental akan atmosfer tradisionalnya, sedangkan di lantai 2 terdapat box kontainer yang di dalamnya sudah ditata sedemikian rupa, dan di lantai 3 hadir dengan konsep teras terbuka yang memungkinkan para pengunjung melihat sekitar Cafe Ria Djenaka dari atas. Alamatnya di Jl. Raya Beji, Kota Wisata Batu.
52. Jungle Fast Food Resto
Jungle Fast Food Resto
Jungle Fast Food Resto (Foto : liburananak.com)
Ini dia tempat makan enak dan unik di Batu Malang, yaitu Jungle Fast Food Resto yang terletak di Hotel Pohon Inn Jatim Park 2. Model interior bergaya hutan rimba dan makan ditemani oleh hewan hewan Secret Zoo terutama Leopard dan Cheetah menjadi kesan yang akan anda dapatkan ketika berkuliner di Jungle Fast Food ini.
Tidak perlu khawatir akan keberadaan hewan buas tersebut karena tempat makan yang berada satu tempat dengan Hotel Pohon Inn sudah menjamin keselamatan Anda dengan membatasi interaksi para pengunjung dengan kaca tebal.
Untuk menu masakan yang terdapat di Restoran Jungle Fast Food beragam dan hadir dalam varian tipe masakan mulai dari tradisional, chinnese hingga western. Untuk harga tentu saja lumayan agak mahal ya, tapi sesua dengan sensasi yang Anda dapatkan disini.
53. Rumah Sosis
Rumah-Sosis-Batu-Malang
Ilustrasi menu di Rumah Sosis Batu Malang (Foto : krepektempe.blogspot.co.id)
Tak hanya kuliner Bandung yang punya rumah sosis, Malang juga punya lho. Dari namanya sudah pasti menu utama yang dihadirkan disini adalah aneka ragam olahan berbahan utama sosis, namun dengan citarasa dan penyajian khas Rumah Sosis Batu.
Mulai dari hidangan Soup, Grilled Steak, Main Course Sausage, Salad, Pasta dan Omellette, semuanya dibuat dengan komposisi utama berbahan sosis. Untuk harga di Rumah Sosis Batu sendiri memang sebanding dengan rasa yang diberikan, yakni mulai dari kisaran harga Rp.8000 sampai dengan Rp.70.000.
Rumah Sosis Bandung di Batu Malang ini juga menawarkan aneka varian sosis yang bisa dibawa pulang untuk persediaan di rumah maupun sebagai buah tangan. Alamat dan lokasinya terletak di Jl. Raya Oro-Oro Ombo, Batu.
54. Daerah Payung
Kawasan-Wisata-Kuliner-Payung-Malang
Ilustrasi Kawasan Wisata Kuliner Payung Malang (Foto : radarbatu.com)
Kawasan Wisata Payung yang terletak di Jalan Trunojoyo, Batu terbagi dalam 3 bagian, yakni Payung 1, Payung 2, dan Payung 3. Di setiap kawasan payung terdapat warung maupun kedai yang berdiri diatas jurang, namun tidak perlu khawatir karena warung-warung tersebut ditopang oleh tiang-tiang kokoh.
Tempat kuliner yang satu ini menyajikan aneka makanan mulai dari makanan ringan sampai berat dapat anda jumpai di daerah payung batu antara lain jagung bakar sebagai menu andalan di kawasan ini dan olahan susu milik KUD Batu. Harganya tentu saja cukup murah terjangkau.
Selain jagung khas kawasan payung ada juga roti bakar, bakso, mie rebus dan mie goreng, serta aneka minuman hangat yang akan menghangatkan tubuh Anda dari udara dingin Kota Wisata Batu. Kawasan Payung Batu buka dari pagi kisaran pukul 07.00 hingga larut malam kisaran 23.00 WIB.
55. Cafe Jagung Jaya Abadi
Cafe-Jagung-Jaya-Abadi
Cafe Jagung Jaya Abadi (Foto : malangbanget.com)
Hawa dingin Malang di malam hari nampaknya dapat diredam dengan menikmati jagung bakar panas di Café Jagung Jaya Abadi. Tempat wisata kulliner yang berlokasi di Jalan Pulosari ini menyediakan jagung bakar berbagai rasa seperti manis, pedas, keju, barbeque, asin dan coklat keju.
Anda juga bisa memilih ingin jagung disajikan dengan cara diserut terlebih dahulu atau dimakan dengan cara digigit langsung. Selain jagung bakar, café ini juga menawarkan menu lain seperti roti bakar dan pisang goreng.
Untuk minuman, tersedia teh hangat, susu murni dan Susu Telur Madu Jahe (STMJ). Café Jagung Jaya Abadi buka setiap hari mulai pukul 5 sore sampai habis dengan harga yang relatif murah untuk kantong mahasiswa dan pelajar.
56. Madam Wang Secret Garden
Madam Wang Secret Garden
Madam Wang Secret Garden (Foto : foodyfloody via indonesia.tripcanvas.co)
Madam Wang Secret Garden adalah restoran romantis di Malang yang terletak di Jl. Telomoyo 12, Malang. Jam buka mulai pukul 08.00 – 22.00 (Senin-Kamis) | 08.00 – 16.00 (Jumat) | 18.00 – 23.00 (Sabtu) | 09.00 – 22.00 (Minggu). Range harga sekitar Rp15.000,- sampai Rp30.000,-. Pas buat tempat bulan madu yang romantis di Malang.
Berkunjung ke kafe ini, akan membuat Anda otomatis ingin berkeliling melihat-lihat terlebih dahulu ketimbang langsung memilih tempat duduk. Dan kalaupun tiba saatnya memilih tempat duduk, Anda juga bakal dibikin bingung memutuskan mau duduk di taman outdoor yang sejuk dan asri atau dalam ruangan yang begitu nyaman dan hangat.
Menu makanan berat yang direkomendasikan disini yaitu Gudeg khas Yogyakarta. Namun kalau tidak ingin terlalu kenyang, pilihan paling populer di daftar menu yang wajib dicicipi adalah apple strudel. Masa ke Kota Apel tidak mencoba sajian dari apel?
Bukan hanya kafe saja yang terdapat di Madam Wang Secret Garden, tapi juga sebuah butik kecil yang menjual koleksi kain, juga bermacam-macam benang untuk Anda yang hobi menyulam.
57. Rumah Coffee Loe Mien Toe
Rumah Coffee Loe Mien Toe
Rumah Coffee Loe Mien Toe (Foto : Syafalia via indonesia.tripcanvas.co)
Rumah Coffee Loe Mien Toe termasuk restoran di Malang yang bagus untuk lokasi pre-wedding. Tempat makan ini murni mengusung konsep perpaduan Cina-Jawa secara maksimal. Hal ini tampak dari dekorasi dan berbagai pernak-pernik yang menghiasinya di setiap sudut.
Dilihat banyaknya barang-barang vintage yang ada di dalamnya, sepintas tempat ini menyerupai sebuah vila yang dihuni oleh seorang kolektor benda-benda kuno. Keunikannya inilah yang menjadikan Rumah Coffee Loe Mien Toe jadi tempat favorit para calon pengantin sebagai lokasi pemotretan pre-wedding.
Lokasinya di Jalan Tata Surya No. 2, Dinoyo, Malang. Jam buka mulai pukul 13.00 – 24.00 WIB. Range harga sekitar Rp.7.000,- s/d Rp.16.000. Rumah makan ini cocok juga buat Anda yang sedang cari tempat hunting foto di Malang yang keren.
58. Rumah Opa Kitchen And Lounge
restoran-di-malang
Restoran Di Malang Rumah Opa Kitchen And Lounge (Foto : Rumahopa,Merli Sansan,Alexetiawan_,Agamhutayo via indonesia.tripcanvas.co)
Ada begitu banyak restoran enak di Malang yang dapat Anda kunjungi, salah satunya yaitu Rumah Opa Kitchen and Lounge. Tempat ini menyerupai sebuah rumah klasik Jawa, dengan komposisi furnitur yang menarik, serta peralatan serba vintage.
Menu andalan dari Rumah Opa ialah pizza dan pasta. Dan tentu saja yang juga wajib dicoba adalah cocktail-nya! Tempat makan favorit anak muda ini berlokasi di Jalan Welirang No.41A, Malang. Jam buka mulai pukul 10.00 – 01.00 WIB. Harga sekitar Rp20.000,- sampai Rp75.000,-.
59. Melati Restaurant
Melati Restaurant
Melati Restaurant (Foto : Tugu-Hotel via indonesia.tripcanvas.co)
Melati Restaurant berada di dalam Tugu Hotel Malang, Jalan Tugu, No.3, Malang. Tempat makan di Malang yang buka 24 jam ini memiliki ambience masa lampau yang begitu mendominasi. Dari hidangan khas Cina Peranakan, Jawa-Belanda, sampai sajian Prancis yang ditawarkan di sini semuanya memberikan sebuah pengalaman kuliner tak terlupakan. Harga makanan disini antara Rp 80.000,- sampai Rp250.000,-.
Seperti menu-menu yang ada, dekorasi ruangan ini pun sangat kental dengan nuansa perpaduan Cina lawas, tradisional Jawa serta Eropa. Berbagai lukisan indah, ukiran-ukiran kayu yang menawan, meja-meja marmer, hingga lampu-lampu antik yang ada di setiap sudut restoran ini bakal bikin Anda tak tahan untuk tak mengabadikannya dengan kamera. Anda tinggal memilih yang mana untuk diunggah ke Instagram!
60. Taman Indie Resto Malang
Taman-Indie-River-View-Resto-Malang
Taman Indie River View Resto Malang (Foto : Yunitapus via indonesia.tripcanvas.co)
Anda sedang mencari tempat makan keluarga di Malang yang enak, nyaman, dan view yang bagus? Datang langsung saja ke Taman Indie Resto Malang yang terletak di Jalan Lawang Sewu Golf No.2018, Kota Araya, Malang.
Yang membuat restoran ini berbeda adalah, meskipun di sini Anda juga akan dibawa ke masa lalu, namun eranya jauh lebih lama daripada masa kolonial, tepatnya di jaman waktu kita masyarakat Jawa masih hidup secara tradisional dengan bertani dan menangkap ikan di sungai.
Taman Indie River View Resto terletak di tepi Sungai Bango, tepatnya di antara hamparan sawah dan hutan yang lebat. Di sini Anda bisa menikmati sajian autentik Indonesia yang sebenarnya!
Tempat ini juga masuk dalam daftar tempat makan di Malang yang romantis. Tak kalah indah bila di bandingkan dengan salah satu tempat nongkrong di Bandung yang lagi happening yaitu Lawangwangi Creative Space. Range harga mulai Rp22.500,- sampai Rp95.000,-. Jam buka pukul 10.00 – 22.00 WIB.
61. Padi Resto Galeri Malang
Padi-Resto-Galeri-Malang
Padi Resto Galeri Malang (Foto : malangcity.com)
Ini dia resto murah di Malang yang harus Anda coba, yakni Padi Resto Galeri Malang. Restoran ini memadukan unsur galeri dengan rumah makan sehingga menghadirkan suasana makan yang cozy dan menarik. Menu andalannya adalah steak.
Menu favorit pengunjung lainnya disini adalah Norwegian Salmon (hidangan ikan salmon segar dengan saus rasa udang) dan Beef Montecarlo (sepotong daging yang dilumuri mozzarella chesse plus William potato yang dibentuk seperti buah pir).
Resto yang buka setiap hari pukul 10.00 sampai 22.00 WIB ini setiap akhir minggu terdapat live music. Padi Resto Galeri basanya menjadi pilihan untuk tempat gathering atau acara lain seperti pesta ulang tahun, pernikahan, dll. Padi Resto Galeri Malang terletak di Jalan Pahlawan Trip No.9 Malang.
Harga makanan yang dijual di Padi Resto Gallery ini sangatlah terjangkau dan kabar baiknya ialah bagi mereka yang mengujungi resto ini dapat memberikan kartu anggota jika tinggal di Kota Malang. Dengan menggunakan kartu ini, nawak bisa mendapatkan diskon 10% setiap kali makan di sana.
62. Ikan Bakar 52 Malang
Ikan-Bakar-52-Malang
Ilustrasi menu Ikan Bakar 52 Malang (Foto : indoturs.com)
Inilah tempat makan enak di Malang yang menyajikan menu aneka ikan bakar yang maknyus. Namanya Ikan Bakar 52 Malang. Lokasi dan alamat restoran ini berada di Jl. Kh Agus Salim No 11, Malang (di depan Malang Plaza). Jam buka pukul 09.00 – 21.00 WIB.
Berbagai menu hidangan khas Nusantara dapat Anda temukan disini mulai dari gurame goreng/bakar, gurame asam manis, ayam goreng, ayam bakar bumbu rujak, lodeh, gulai iga sapi, urap, sayur asem dan sajian lezat lainnya yang sudah akrab dengan lidah orang Indonesia.
Selain menu masakan, aneka macam minuman khas Ikan Bakar 52 Malang juga tak kalah lezatnya dan pantang untuk dilewatkan. Suasana yang nyaman dan menyenangkan sepertinya memang disuguhkan Rumah Makan Ikan Bakar 52 Malang untuk kenyamanan para pengunjungnya.
Untuk harga lumayan murah, Gurame asam manis dibanderol dengan harga Rp.35.000,-, cah jamur tiram putih Rp. 15.000,-, nasi putih Rp.5.000,-, es buah Rp.10.000,-, dsb.
63. Ikan Goreng Pangeran Muda Malang
Ikan-Goreng-Pangeran-Muda-Malang
Ilustrasi menu Ikan Goreng Pangeran Muda Malang (Foto : indoturs.com)
Resto Ikan Goreng Pangeran Muda Malang juga tak kalah enak bila dibandingkan dengan Ikan Bakar 52. Dari namanya, sudah pasti yang menjadi menu primadona disini adalah olahan ikan gorengnya yang beraneka ragam. Bukan hanya berbagai menu sajian yang menggoda, interior ruangannya pun dibuat senyaman mungkin dengan konsep pewayangan yang terasa sangat kental di berbagai sudut ruangan.
Yang unik di Restoran Pangeran Muda Malang ini adalah nama dari menu hidangan utamanya mengambil julukan tokoh- tokoh pewayangan seperti menu Ikan Gurami dinamakan Arjuna Crispy, Ikan Patin Goreng ; Kurawa Sadis, Ikan Nila Goreng ; Petruk Ndoweh, Olahan Udang ; Nakula Pengeran Muda serta berbagai menu unik lainnya seperti Semar Menthes, Ramayana, Bakar Nakula Tcentil dll.
Untuk harga berbagai hidang di Resto Ikan Goreng Pangeran Muda Malang juga relatif terjangkau dan sebanding dengan rasanya, yakni berkisar pada harga Rp.10.000 sampai dengan Rp.60.000. Lokasinya ada di Jl. Soekarno Hatta (Depan Universitas Politeknik Negeri Malang) dan jam buka mulai pukul 11.00 – 22.00 WIB.
64. Ikan Bakar Cianjur (IBC)
ikan-bakar-cianjur-malang
Ilustrasi menu Ikan Bakar Cianjur Malang (Foto : wisatakan.com)
Nah, kalau resto ikan bakar enak yang satu ini mungkin sobat traveler sudah tak asing lagi karena mudah ditemukan hampir di berbagai kota pulau Jawa. Aneka olahan ikan nila, lele, gurami baik bakar, goreng hingga racikan sajian asam manis bisa Anda temukan di Resto Ikan Bakar Cianjur ini.
Selain menu menu tersebut juga terdapat menu andalan yang pantang untuk dilewatkan seperti Nila / Gurame Tausi, Tim, Sop, Siram Saos dan sajian Nila / Gurame Pesmol yang menjadi menu primadona di Resto IBC Kota Malang.
Lokasi dan alamat IBC terletak di Jl. Simpang Balapan No.5 Kota Malang. Jam buka mulai pukul 09.00 – 22.00 WIB. Harga relatif terjangkau sama dengan resto ikan bakar pada umumnya.
65. Pondok Desa Kampung Telaga Malang
Pondok-Desa-Kampung-Telaga-Malang
Pondok Desa Kampung Telaga Malang (Foto : Dimasdiandra_ via indonesia.tripcanvas.co)
Terletak di sebuah lahan seluas 35 hektar, sebagian besar area tempat ini merupakan kolam besar yang diisi dengan banyak sekali ikan koi. Saking besarnya, di manapun Anda memilih tempat duduk, dijamin tetap akan mendapatkan pemandangan telaga tersebut. Pas banget buat Anda yang sedang mencari restoran di Malang dengan view yang bagus.
Pilihan makanannya juga cukup banyak, dari ikan kakap bakar, cumi goreng sampai aneka tumisan dan sayur-sayuran. Resort tempat restoran ini berada dikelilingi oleh pepohonan hijau nan asri, sehingga kalau sudah kenyang makan, Anda bisa berjalan-jalan sejenak ke sekitarnya.
Resto ini cocok untuk tempat makan keluarga. Lokasi dan alamat Pondok Desa Kampung Telaga berada di Dusun Telaga Boutique Villa Resort (Desa Ngijo, KarangPloso Malang). Harga makanan dibanderol sekitar Rp.24.000,- sampai Rp.140.000,-. Jam buka mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB.
66. Rumah Makan Inggil
Rumah-Makan-Inggil
Rumah Makan Inggil (Foto : Sandy-Suryadinata via indonesia.tripcanvas.co)
Satu lagi tempat makan keluarga yang enak di Malang yaitu Rumah Makan Inggil. Resto keren berkonsep museum ini terletak di Jalan Gajah Mada No. 4, Malang. Jam buka pukul 10.00 – 22.00 WIB. Range harga makanan mulai dari Rp.15.000,-.
Di sini Anda dapat menyantap hidangan tradisional sambil dikelilingi oleh benda-benda antik, seperti senjata kuno, mesin ketik jaman dulu, jam kuno, aneka perabotan, peralatan makan minum dan memasak, topeng-topeng tradisional Jawa, dan banyak sekali foto-foto hitam putih dari masa lalu. Tak kalah keren dengan museum di Bali dan museum di Jogja.
Kalau sudah puas melihat-lihat benda-benda antik tersebut, saatnya memanjakan diri Anda dengan menyaksikan pertunjukan kesenian Jawa. Oh iya, pertunjukan ini hanya bisa dinikmati saat makan malam saja.
67. Harmoni Cafe & Resto Malang
Harmoni Cafe & Resto Malang
Harmoni Cafe & Resto Malang (Foto : tesyasblog.com)
Harmoni Cafe & Resto merupakan salah satu tempat makan di Kota Malang yang mengusung konsep tradisional kental. Restoran Harmoni Malang menghadirkan aneka menu hidangan berkualitas mulai dari menu tradisional, oriental dan beragam inovasi menu baru ala Harmoni.
Selain menghadirkan beragam menu andalan dengan citarasa lezat, Restoran Harmoni juga menyajikan konsep ruangan Resto yang nyaman dan dilengkapi berbagai interior Tradisional yang semakin membuat nuansa makan lebih santai dan romantis.
Ragam pilihan menu oriental dan tradisional dapat Anda temukan di sini mulai dari Gurami Bakar, Kepiting & Sapi Lada Hitam, Iga Bakar Special, Bakso Goreng/Kuah, Asem-asem Iga, Kulit Ayam Goreng, Sate Ayam Bumbu Kacang hingga Cui Mie khas Malang dan beragam menu hidangan lainnya khas Harmoni Cafe & Resto.
Sambil menikmati hidangan yang disajikan, gemercik air kolam selalu menemani waktu makan Anda yang semakin membuat suansa makan lebih nyaman dan berkesan. Lokasinya di Jl. Bromo 44, Malang. Harga relatif murah standar. Jam buka pukul 10.00 – 22.00 WIB.
68. Javanine
Javanine
Javanine (Foto : Danar Rahardjo, Andre Yernata, jackmagnifico via indonesia.tripcanvas.co)
Kalau biasanya tempat makan yang khusus menyajikan masakan Jawa identik dengan unsur-unsur tradisional dan kuno, maka tidak demikian dengan Javanine. Membawa konsep modern dan elegan, Javanine merupakan gabungan antara restoran dan kafé, jadi cocok untuk acara makan bersama keluarga atau sekadar ngopi-ngopi dengan teman-teman.
Interiornya cukup luas dengan dominasi unsur kayu dari lantai maupun furnitur-furnitur berdesain simple namun berkesan mewah. Ditambah dengan aksen taman vertikal di salah satu sisi dinding sehingga menambah kesan fresh.
Meskipun menyajikan makanan tradisional, namun penyajiannya sangat cantik dan fancy. Menu recommended di sini adalah Nasi Bebek Crispy yang disajikan bersama 3 jenis sambal (bawang, ijo, dan terasi), Nasi Buk Madura atau Semur Lidah Sapi. Sebagai penutup, Es Teler Durian-nya pasti akan bikin Anda tak ingin berhenti menyantap.
Alamat Javanine terletak di Jl. Pahlawan Trip A5, Malang. Range harga makanan disini sekitar Rp.20.000,- sampai Rp.80.000,-. Jam buka mulai pukul 11.00 s/d 22.00 WIB.
69. Wellduck Bebek Goreng & Bakar
Wellduck Bebek Goreng & Bakar
Ilustrasi Wellduck Bebek Goreng & Bakar (Foto : foody.id)
Bagi Anda yang mau cari restoran bebek yang enak di Malang, ini dia tempatnya! Berbagai pilihan menu bebek yang pastinya bakal menggoyang lidah Anda di sini! Anda bisa cobain Bebek GOBAR (Goreng Bakar), bumbunya meresap sampai ke tulang!
Tidak hanya bebek, aneka hidangan lezat nan menggoda di Wellduck Bebek Goreng Bakar lainnya pun patut sobat coba. Sebut saja contohnya seperti Sup Tom Yam Kaki Bebek, Ayam Bakar Lotim, Gurame Goreng dan lain sebagainya. Ngalamers juga bisa memesan menu pelengkap yang tak kalah enak seperti Cah Kangkung atau Cah Kailan.
Adapun aneka menu minuman yang ditawarkan resto ini seperti Teh Tarik, Teh Poci, aneka Kopi, beragam Jus dan bermacam minuman soda. WellDuck Bebek Goreng & Bakar beralamat di Jl L.A Sucipto 108 | Matos, Malang. Jam buka pukul 09.00 – 22.00. Harga bersahabat sesuai rasa makanan.
70. Ayam Kremes Madura Potre Koneng
Ayam Kremes Madura Potre Koneng
Ayam Kremes Madura Potre Koneng (Foto : wixstatic.com via infogadogado.com)
Madura bukan cuma terkenal sama sate loh! Buktinya, di Malang aja ada restoran yang menyajikan masakan madura! especially, ayam kremes! Ditemenin sama nasi jagung dan sambel mangga, nyammm! Bener-bener rayuan madura!
Ayam kremes yang disajikan Rumah Makan Potre Koneng Malang ini memiliki cita rasa lezat dan gurih lantaran resep masakannya asli dari Madura. Daging ayamnya juga empuk. Rasa Ayam Kremes Madura ini, condong perpaduan antara pedas dan asin yang akrab di lidah masyarakat Jawa.
Ayam kremes disajikan dengan nasi putih, kubis, timun, daun kemangi dan sambal atau biasa dikenal dengan lalapan. Lalapannya diambilkan langsung dari petani sayur organik. Sehingga, terhindar dari bahan kimia maupun pengawet pestisisda yang berbahaya bila dikonsumsi.
Harganya murah terjangkau. Hanya merogoh kocek sebesar Rp 17 ribu sudah mendapatkan satu porsi ayam kremes baik itu goreng maupun bakar. Lokasi dan alamat Ayam Kremes Madura Potre Koneng terletak di Jl. Raya Dieng no. 2A, Malang.
71. Waroeng Bamboe Lesehan Sidomulyo
Waroeng Bamboe Lesehan Sidomulyo
Waroeng Bamboe Lesehan Sidomulyo (Foto : shining-batu.com)
Waroeng Bamboe Lesehan Sidomulyo menyajikan suasana asyik. Disini Anda bisa bersantap sambil melihat ikan hias yang indah. Gemercik air dan ribuan ikan koi di bawah lesehan semakin membuat siapa saja yang menikmatinya merasa takjub dan nyaman berlama-lama disana.
Lesehan Warung Bambu menghadirkan aneka menu hidangan yang cocok untuk kawasan kota batu yakni salah satunya adalah aneka olahan ikan baik bakar maupun goreng. Kalau di google map lokasi resto ini di Jl. Raya Sidomulyo, Punten, batu, malang, Kota Batu, Jawa Timur. Jam buka pukul 09.00 – 20.30 WIB. Harga cukup terjangkau.
72. Omah Kitir Cafe Factory
Omah Kitir Cafe Factory
Omah Kitir Cafe Factory (Foto : malang-guidance.com)
Omah Kitir Cafe yang terletak di kawasan Batu atau lebih tepatnya di Jalan Ridwan No.01 Batu, kini seakan menjadi sebuah objek wisata kuliner yang pantang untuk dilewatkan ketika berkunjung ke Kota Wisata Batu. Bagaimana tidak, selain menyajikan menu-menu lezat dengan citarasa yang “maknyus”,
Omah Kitir Cafe Batu juga terkenal sebagai salah satu tempat santai untuk menikmati keindahan Kota Wisata Batu yang dapat dilihat dari lantai 2. Selain terkesan nyaman dan rapi, nuansa romantis khas Omah Kitir Batu juga sangat kental dirasakan apalagi ketika waktu sore hari menjelang malam, benar-benar “The Most Romantic Place in Town”.
Untuk menu hidangan yang disajikan juga beragam mulai dari baked pasta, pizza, chicken noodle, fried rice, klappertaart, steak, pie corner, sandwich, side dish dan aneka menu snack lainnya yang siap menemani waktu bersantai di Omah Kitir Cafe Batu.
Adapun menu minuman yang tersaji di Cafe Omah Kitir Malang ini diantaranya aneka Hot Coffee, Cold Coffee, Original Coffee, Milky Warm, Frappe, Milkshake & Yogushake serta beberapa minuman lainnya.
Untuk perihal harga dirasa sangat sebanding dengan citarasa dan nuansa makan yang diberikan, yakni mulai dari harga Rp.12.000 sampai dengan Rp.80.000 untuk menu makanannya, dan untuk aneka menu minuman dimulai dari harga Rp.5000 sampai dengan Rp.20.000. Jam buka pukul 11.00 – 23.00 WIB.
73. Waroeng Lesehan Pring Pethuk
Waroeng Lesehan Pring Pethuk
Waroeng Lesehan Pring Pethuk (Foto : perfourm.com)
Waroeng Lesehan Pring Pethuk merupakan pengembangan dari Waroeng Bamboe Lesehan Sidomulyo, berada di tempat dengan kondisi udara yang sejuk dan disekitar kebun bunga membuat Warung Lesehan Pring Pethuk menjadi tempat makan yang cocok untuk para keluarga.
Selain mengusung konsep kuliner dan wisata keluarga, Lesehan Pring Pethuk Batu juga memiliki kolam pancing, wisata berkuda, dan kebun binatang mini yang siap menghibur para anak-anak ketika berada di lokasi warung. Harga terjangkau sesuai dengan fasilitas dan kenyamanan yang di dapat.
Untuk menu hidangannya sendiri tidak jauh berbeda dengan Lesehan Waroeng Bamboe Batu yang menghadirkan menu tradisional dengan citarasa berkualitas yang sangat cocok di lidah warga Indonesia. Salah satu tempat kuliner rekomended untuk keluarga. Alamat resto ini di Jl. Cemara Kipas Dalam, Sidomulyo – Batu.
Nah, itu dia aneka restoran dan tempat makan enak di Malang yang dapat Anda jadikan referensi saat liburan ke kota Apel ini. Makananya benar-benar lezat menggugah selera bukan? Tinggil pilih aja deh, mau yang mahal atau murah meriah ada semua. Sekian dulu info tentang tempat wisata kuliner di Malang yang enak dan murah, semoga bermanfaat.

sumber : aneka wisata

COMMENTS

Name

Tempat Nongkrong,1,Wisata Kuliner,1,wisata Malang,3,
ltr
item
urusan wisata: 73 Tempat Wisata Kuliner Di Malang Yang Enak Dan Murah
73 Tempat Wisata Kuliner Di Malang Yang Enak Dan Murah
http://www.anekawisata.com/wp-content/uploads/2015/06/Bakso-President-Malang.jpg
urusan wisata
http://urusanwisata.blogspot.com/2016/12/73-tempat-wisata-kuliner-di-malang-yang.html
http://urusanwisata.blogspot.com/
http://urusanwisata.blogspot.com/
http://urusanwisata.blogspot.com/2016/12/73-tempat-wisata-kuliner-di-malang-yang.html
true
5252449031196788608
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy